Read more: http://pelajaran-blog.blogspot.com/2011/04/membuat-read-more-otomatis-auto.html#ixzz1z3VyUkGt SOURCE CODE: 6/26/11 - 7/3/11

Sunday, June 26, 2011

Cara Instalasi, Konfigurasi dan Menjalankan Service Gammu

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan dari cara mendapatkan aplikasi gammu, memasang aplikasi, konfigurasi/setting gammu, pengujian koneksi gammu dengan komputer, setting konfigurasi SMS Daemon sampai dengan menjalankan service gammu pada komputer anda.

1. Langkah Pertama – Unduh Aplikasi Gammu
Aplikasi gammu dapat didownload di website resmi gammu yang alamat link dibawah ini http://sourceforge.net/projects/gammu/files/. Di laman tersebut akan muncul 2 pilihan yakni untuk download gammu dan wammu. Wammu sendiri adalah aplikasi front end untuk gammu yang menyediakan antarmuka pengguna dalam tampilan grafis. Pilih gammu untuk windows binaries, kemudian pilih installer gammu yang anda inginkan. Saya sendiri memilih installer Gammu-1.29.0.


2. Langkah Kedua – Install Gammu
Setelah berhasil didownload, silahkan install file installer gammu tersebut kedalam computer anda. Secara default path folder hasil installer tadi akan tersimpan dalam directory ‘C:\Program Files\Gammu 1.29.0’.

Catatan :
Pada saat instalasi akan muncul pilihan untuk menambahkan aplikasi gammu kedalam system PATH komputer anda. Silahkan pilih ‘Add Gammu to the system PATH for all user’, artinya anda akan menambahkan aplikasi gammu anda kedalam sistem PATH anda untuk semua user yang login di komputer anda.

3. Langkah Ketiga (Setting Konfigurasi Gammu)
Setelah file Gammu berhasil untuk anda install, langkah selanjutnya adalah setting konfigurasi. Konfigurasi ini diperlukan untuk keperluan penyesuaian jenis HP anda dan nomor port yang akan digunakan. Langkah yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah file yang bernama GAMMURC di ‘C:\Program Files\Gammu 1.29.0\bin’. (File tersebut tanpa ekstensi apapun).

Buat file ‘GAMMURC‘ di folder pada direktori ‘C:\Program Files\Gammu 1.28.0\bin\‘ menggunakan Notepad, wordpad atau editor file lainnya.

Contoh konfigurasi yang saya gunakan pada komputer percobaan adalah sebagai berikut :

[gammu]
  port =
  connection =

Untuk mengetahui nomor port, silahkan lihat pada Control Panel – Phone and Modem Options – Modem. Jika modem anda sudah tercolok ke computer anda dan drivernya modem tersebut sudah terinstall dengan benar maka pada pilihan diatas akan muncul nomor portnya.

Parameter connection itu digunakan untuk memberi keterangan jenis koneksi yang digunakan modem untuk berkomunikasi dengan komputer. Setiap jenis modem mempunyai jenis koneksi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jenis koneksi pada jenis modem tertentu, silakan download file kompilasi konfigurasi yang mendukung SMS gateway dengan Gammu di sini. File tersebut dibuat oleh masternya Gammu pak Rosihan Ari.

Berikut ini contoh konfigurasi GAMMURC dengan menggunakan modem siera AT&T yang terhubung ke port com12 USB.

 [gammu]
     port = com9:
     connection = at115200

(jangan lupa tanda : di belakang port)

CATATAN:
Jika pada Control Panel – Phone and Modem Options – Modem tidak muncul portnya, meskipun driver sudah terinstal, maka Anda masih dapat melihat portnya melalui Control Panel – System – Hardware – Device Manager – Ports (COM & LPT). Seandainya nomor port muncul baik di Control Panel – Phone and Modem Options – Modem maupun Control Panel – System – Hardware – Device Manager – Ports (COM & LPT) dan ternyata nomor portnya berbeda, maka pilih nomor port yang di Control Panel – Phone and Modem Options – Modem.

Untuk mengatisipasi terjadinya masalah pada setting gammu sebaiknya setelah berhasil mengkonfigurasi dengan baik, sebaiknya anda mengunakan lokasi port USB yang sama (jangan dipindah-pindah colokan). Setiap anda memindah colokan HP anda, maka tentunya nomor port dari modem USB anda akan berubah. Hal ini mengakibatkan anda juga harus merubah setting file GAMMURC untuk menyesuaikan nomor port USB anda.

4. Langkah Keempat – Uji Koneksi Gammu dengan Komputer
Setelah proses konfigurasi file GAMMURC sudah selesai selanjutnya adalah menguji koneksi gammu ke komputer. Proses ini dilakukan untuk menguji apakah setting kofigurasi GAMMURC tersebut sudah benar atau belum benar.

Cara menguji koneksi gammu adalah silahkan masuk pada direktory C:/GAMMU pada direktory Gammu anda melalui MS DOS PROMPT. Cara masuknya kedalam MS DOS PROMPT adalah silahkan klik START à RUN kemudian ketik ”cmd”. Setelah anda berhasil masuk pada directory ’C:\Program Files\Gammu 1.29.0’ kemudian silahkan ketik perintah pada command prompt sebagai berikut :

C:\Program Files\Gammu 1.29.0\gammu identify [enter]

Setelah perintah tersebut anda diketikkan pada command prompt silahkan tekan ENTER. Jika setelah anda menekan tombol ENTER muncul informasi detail mengenai modem yang ada pakai ada maka koneksi yang terjalin antara gammu dengan modem anda telah berhasil. Akan tetapi jika pesan yang muncul bukan informasi dari modem anda melaikan pesan error maka silahkan cek kembali settingan nomor port dan jenis connectionnya pada file GAMMURC. Silahkan trial berulang-ulang sampai muncul pesan informasi mengenai modem anda di command prompt. Jika koneksi antara modem dengan komputer berhasil maka akan menampilkan info modem/hp yang telah terkoneksi melalui file GAMMURC.

5. Langkah Kelima (Membuat Database MySQL untuk Gammu)
Setelah koneksi gammu dengan komputer sukses dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah membuat database mySql yang akan digunakan untuk menyimpan data-data SMS yang diperlukan Gammu untuk SMS gateway. Caranya adalah buat database dengan nama ‘smsgateway‘ atau yang lain menggunakan phpMyAdmin atau navicat anda.

Gammu telah menyediakan tabel baku yang akan digunakan untuk menyimpan data SMS anda. Jadi kita tidak perlu untuk merancang struktur database untuk menyimpan data SMS. Gammu telah menyediakan file dump untuk membuat tabel. Silahkan download file dump mysql tersebut di sini. Dengan menggunakan file dump tersebut kita dapat membuat tabel-tabel yang dibutuhkan dengan menggunakan phpMyAdmin atau navicat.

Pada Gammu sebenarnya SMS tidak harus disimpan dalam database, namun juga bisa sebagai file teks yang disimpan di PC Anda. Namun untuk keperluan SMS gateway sepertinya lebih enak menggunakan database sebagai media penyimpannya.

Catatan :
Untuk bisa membuat data untuk keperluan SMS Gateway ini, database dan service MySql harus sudah terinstall di komputer anda. Jika komputer anda belum terinstall database MySql silahkan download terlebih dahulu aplikasinya. Pada percobaan kali ini saya menggunakan WAMP server. Wampp adalah paket web-server (Apache, MySQL dan PHP/Perl/Python) berjalan pada sistem operasi ber platform Windows. Wamp Server itu sendiri adalah open source, dapat di download di website-nya, http://www.wampserver.com.

6. Langkah Keenam (Setting Konfigurasi Untuk SMS Daemon)

Setelah anda berhasil untuk membuat database MySql untuk menyimpan data SMS, maka langkah selanjutnya adalah setting konfigurasi data base untuk SMS daemon. SMS daemon pada Gammu digunakan untuk proses pembacaan otomatis SMS yang diterima lalu disimpan ke database. SMS daemon juga diperlukan untuk keperluan pengiriman SMS.

Untuk melakukan konfigurasi SMS daemon, silahkan membuat sebuah file yang bernama ‘SMSDRC‘ di ‘C:\Program Files\Gammu 1.29.0\bin’. (File tersebut tanpa ekstensi apapun seperti GAMMURC sebelumnya).

Buka file ‘SMSDRC ‘ yang telah anda buat dalam direktori ‘C:\Program Files\Gammu 1.28.0\bin‘. Buka file SMSDRC tersebut menggunakan Notepad, wordpad atau editor file lainnya. Contoh konfigurasi yang saya gunakan pada komputer percobaan adalah sebagai berikut :

[gammu]
 device = com9:
 connection = at115200

[smsd]
 service = MYSQL
 #PIN = 1234
 logfile = smsdlog
 debuglevel = 0
 commtimeout = 30
 sendtimeout = 30
 # Delivery report configuration
 #deliveryreport = no
 #deliveryreportdelay = 10
 user = root
 password =
 pc = localhost
 database = sms

port = diisi nomor port sesuai yang ada di file GAMMURC
connection = diisi jenis connection sesuai yang ada di GAMMURC
service = mysql (diisi dengan ‘mysql’ karena kita akan menggunakan mysql sebagai storage data SMSnya)
user = diisi user database koneksi ke mysql Anda
password = diisi password koneksi ke mysql Anda
pc = diisi nama host mysql (biasanya localhost)
database = smsgateway (atau sesuai nama database yang tadi kita buat)

7. Langkah Ketujuh - Membuat Service Gammu
Setelah anda berhasil untuk konfigurasi SMS daemon, maka langkah terakhir pada konfigurasi yang harus anda lakukan adalah membuat service gammu. Langkah ini bertujuan untuk membuat service Gammu di Windows. Dengan dibuatnya service di Windows ini kita bisa lebih mudah menjalankannya tanpa menggunakan perintah tertentu di command prompt.

Untuk membuat Gammu service di Windows, ketikkan perintah ini di DOS PROMPT setelah Anda masuk ke folder ‘C:\Program Files\Gammu 1.29.0\bin‘.

    gammu-smsd -c smsdrc –i

Jika ada konfirmasi bahwa proses pembuatan service sukses, maka anda akan melihat service Gammu muncul pada daftar service yang berjalan di Windows. Service ini bisa dilihat melalui ‘CONTROL PANEL > Administrative Tools > Services’. Untuk menjalankan service Gammu ini tinggal klik START pada service Gammu tersebut. Namun apabila proses pembuatan service ini gagal, maka silakan cek kembali konfigurasi SMSDRC nya atau mungkin nama databasenya salah, atau bisa juga command yang dituliskan salah.

Jika Anda ingin mengubah konfigurasi di SMSDRC, namun service GAMMU sudah terlanjur dibuat sebelumnya, maka Anda harus menghapus dahulu service yang sudah dibuat dengan memberikan perintah :

    gammu-smsd -u

Selanjutnya ubah konfigurasi SMSDRC, simpan dan buat servicenya kembali dengan perintah :

    gammu-smsd -c smsdrc –i

Jika Anda tidak hapus servicenya dahulu, maka meskipun Anda ubah konfigurasi di SMSDRC tidak akan memberikan pengaruh apa-apa.

Sekian dulu tutorial cara memasang gammu dan konfigurasi gammu pada komputer anda. Untuk cara mengirim SMS dengan menggunakan service gammu yang telah ada install silahkan tunggu artikel saya selanjutnya ya.

Selamat Mencoba Semoga Berhasil.... Insya Allah Bisa Kok ;D




sumber : http://lecturer.d3ti.mipa.uns.ac.id/setiadi/2011/03/cara-instalasi-konfigurasi-dan-menjalankan-service-gammu/

Mudah-Mudahan Bermanfaat ^_^
Go Kendary Open SOurce Sincerely YOurs